9 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Umroh Bersama Lansia

Kategori : Artikel, Ditulis pada : 21 Juli 2023, 10:14:09


IMG_8814.jpgUmroh bersama keluarga menjadi pilihan bagi banyak orang, terlebih mengajak orang tua untuk ikut menikmati perjalanan suci.

Membayangkan perjalanan umroh di Mekah dan Madinah selama 9-13 hari pasti membingungkan, terlebih bagaimana caranya agar lansia tetap aman dan nyaman ketika sedang menjalani ibadah umroh?

Jika Anda memiliki orang tua maupun kerabat yang sudah berusia lebih dari 60 tahun dan ingin mengajak pergi ke Tanah Suci, Anda tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan agar perjalanan umroh Anda berjalan lancar.

 

  1. Persiapkan Perjalanan Umroh Anda dengan Matang

Saat merencanakan perjalanan umroh, persiapan yang sangat matang perlu diperhatikan. Terlebih jika berencana umroh bersama lansia yang membutuhkan perhatian dan perawatan ekstra.

Sebelum keberangkatan tiba, pastikan semua kebutuhan baik itu dokumen perjalanan, pakaian hingga obat-obatan sudah dipersiapkan. Tak hanya itu, kondisi kesehatan lansia juga harus dipastikan sehat agar dapat mengikuti perjalanan umroh dengan lancar.

 

  1. Gunakan Travel Agen yang Ramah Lansia

Travel agen berperan penting dalam mendukung keseluruhan perjalanan ibadah Anda. Pilihlah travel agen yang sudah terbiasa membawa jamaah lansia serta jamaah yang membutuhkan pelayanan khusus seperti disabilitas. Hal ini penting agar ibadah umroh Anda berjalan lancar tanpa hambatan sedikitpun.

Sebagai travel agen, Shafira Tour & Travel telah berpengalaman dalam membawa jamaah lansia untuk menunaikan umroh. Shafira menyediakan berbagai kebutuhan yang memudahkan lansia selama beribadah seperti, transmitter (Alat fungsi dengar) untuk jamaah, kursi roda serta paket umroh privat yang bermanfaat bagi lansia yang membutuhkan ketenangan tersendiri.

 

  1. Pilih Paket Umroh dengan Hotel yang Dekat dengan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram

Salah satu pertimbangan penting sebelum berangkat umrah bersama lansia adalah memilih akomodasi untuk menginap. Pilihlah hotel yang dekat dengan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram agar lansia tidak perlu berjalan jauh.

Beragam hotel yang terletak dekat dengan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram tidak hanya menawarkan fasilitas yang lengkap namun juga akan membuat Anda lebih total dalam beribadah. Terlebih jika Anda memilih hotel dengan pemandangan Kakbah yang bisa dilihat langsung dari jendela kamar, tentunya akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

 

  1. Bawa dan Sediakan Kursi Roda

Mayoritas lansia sering kali perlu menggunakan kursi roda untuk melakukan kegiatan umroh. Kursi roda diperlukan agar lansia tidak kelelahan saat berjalan kaki dan mengikuti rangkaian ibadah umroh.

Ada baiknya kursi roda dipersiapkan dari rumah agar lansia merasa nyaman mulai dari keberangkatan. Jika Anda tidak memiliki kursi roda, jangan khawatir di Tanah Suci terdapat persewaan kursi roda dan skuter. Bagi jamaah yang membutuhkan, bisa memanfaatkan layanan ini saat akan Tawaf dan atau Sai. Terdapat jalur khusus yang diperuntukkan bagi lansia atau siapapun yang menggunakan kursi roda dan skuter agar tidak berdesak-desakan dengan jamaah lainnya.

 

  1. Pilih Penerbangan Lansung

Lama penerbangan menuju Tanah Suci kurang lebih mencapai 10 jam. Penerbangan langsung dari Indonesia baik itu ke Mekah atau Madinah menjadi pilihan agar lansia tidak lelah selama perjalanan. Dengan penerbangan langsung, Anda tidak perlu repot naik-turun pesawat dan transit di bandara berulang kali.

 

  1. Komunikasikan Kebutuhan Anda dengan Travel Agen

Jika Anda berencana mengajak lansia, sebaiknya komunikasikan dengan pihak travel agar mereka dapat mengatur akomodasi dan transportasi mulai dari keberangkatan, saat di Tanah Suci hingga kepulangan. Hal ini perlu diperhatikan agar Anda bisa mendapatkan kemudahan pelayanan khusus lansia.

Tunggu apalagi, jangan ragu untuk mengabarkan kebutuhan perjalanan umroh Anda bersama Shafira Tour & Travel.

 

  1. Bawa Peralatan dan Perlengkapan yang Dibutuhkan

Persiapkan banyak persediaan jika Anda akan umroh bersama lansia, seperti perlengkapan berikut ini: Kursi roda, popok dewasa, baju hangat, pakaian ganti, minuman hangat, hingga obat-obatan.

 

  1. Kesehatan Lansia Perlu Diperhatikan

Faktor kesehatan lansia menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, karena fisik dan kesehatan lansia sudah mulai menurun dan tidak seprima orang dewasa.

Jika lansia sudah mulai kelelahan, segera cari tempat beristirahat yang teduh dan sejuk serta sediakan minuman, snack maupun obat-obatan untuk dikonsumsi.

 

  1. Didampingi Sesama Jenis

Supaya kondisi lansia dapat selalu dimonitor, pastikan bahwa lansia selalu didampingi diberbagai kondisi. Pastikan pendamping lansia sesama jenis kelamin, untuk mempermudah ketika shalat dan ke kamar mandi.

Misalkan, lansia yang dibawa adalah wanita. Maka, pendampingnya harus ah anak atau saudara perempuan. Sebaliknya, jika lansia laki-laki, maka pendampingnya yaitu anak atau saudara pria.

Itu dia beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda berencana umroh bersama lansia mulai dari persiapan hingga perjalanan di Tanah Suci. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan kenyamanan dan keselamatan lansia.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id